Ihfanti Fidya (3D)

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

AKULAH GURU MASA DEPAN ITU

 

Disusun Oleh :

Nama     : Ihfanti Fidya ( 20178600106 )

Prodi      : PGSD

Semester : 3 Reguler D

Dosen      : Iswadi, M.Pd

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN KUSUMA NEGARA JAKARTA

 

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Warrohmatulahi Wabarakatuh Dengan menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Penulis panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan ridhonya kepada kita semua, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tentang “ Akulah Guru Masa Depan Itu”.

Makalah ini telah penulis susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat membuat makalah ini dengan baik, oleh sebab itu penulis mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah membantu dalam membuat makalah ini. Sehingga penulis dapat membuat makalah ini dengan baik.

Penulis menyadari bahwa  makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak agar dapat membuat makalah lebih baik lagi. Penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat untuk para pembaca seluruhnya, terimakasih Wassalamualaikum Warrohmatulahi Wabarakatuh .

 

 

 

 

 

Jakarta, 5 November 2018

 

 

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

JUDUL…………………………………………………………………………………………….i

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………….ii

DAFTARISI………………………………………………………………………………………iii

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………….1

LATAR BELAKANG……………………………………………………………………………1

TUJUAN…………………………………………………………………………………………..1

MANFAAT……………………………………………………………………………………….2

BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………………..3

Pengertian Mengenai Guru Masa Depan…………………………………………………………3

Jadilah Guru Masa Depan Di Era Globalisasi…………………………………………………….5

Keberhasilan Menjadi Guru Masa Depan ………………………………………………………..7

Jadilah Guru Inspirasi Di Masa Depan……………………………………………………………8

Menjadi Guru Inovatif……………………………………………………………………………8

Menjadi Guru Kreatif……………………………………………………………………………9

Menjadi Guru Yang Mandiri……………………………………………………………………10

Menjadi Guru Yang Smart………………………………………………………………………10

Menjadi Guru Milenial…………………………………………………………………………..11

Menjadi Guru Yang Hebat ……………………………………………………………………..11

Menjadi Guru Yang Profesional ………………………………………………………………..12

Merencanakan Gaya Belajar Yang Cocok Untuk Peserta Didik………………………………..13

Guru Yang Memiliki Atitude Dan Penampilan Yang Baik……………………………………..13

Bergabunglah Dengan Komunitas Para Guru……………………………………………………14

BAB III PENUTUP…………………………………………………………………………….15

Kesimpulan …….…………………………………………………………………………………15

Saran……………………………………………………………………………………………..15

DaftarPustaka……………………………………………………………………………………16

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang :

Setiap calon guru sudah seharusnya memiliki impian untuk menjadi seorang guru dimasa depan, seorang calon guru haruslah mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang guru dimasa depan. Seorang calon guru harus mampu merencanakan cita – cita dan impiannya untuk menjadi seorang guru di masa depan, bagaimana caranya sukses dan berhasil menjadi guru dimasa depan.

 

Namun untuk menjadi seorang guru yang sukses dimasa depan tidaklah mudah jika, tidak adanya usaha, doa , dan persiapan serta keterampilan kompetensi untuk menjadi seorang guru profesional dimasadepan. Oleh sebab itulah maka penulis membuat makalah artikel ilmiah yang berjudul “ Akulah Guru Masa Depan Itu” agar bermanfaat  bagi setiap para calon guru yang ingin mempersiapkan diri menjadi guru masa depan.

Sehingga seorang calon guru harus memiliki keahlian dan sifat profesional untuk menjadi seorang guru, maka harus memiliki kompetensi – kompetensi untuk menjadi seorang guru profesional dimasa depan.

 

B.Tujuan :

  1. Untuk memotivasi setiap mahasiswa calon guru untuk menjadi guru yang baik dan berhasil dimasa depan.
  2. Meningkatkan keterampilan mengajar bagi para calon guru
  3. Untuk mempelajari hal – hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang guru dimasa depan
  4. Untuk merencanakan hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi guru dimasa depan
  5. Meningkatkan kualitas dalam mengajar

 

C.Manfaat :

  1. Menjadi guru berkulitas dimasa depan nanti
  2. Meningkatkan kreativitas dalam mengajar nanti
  3. Menciptakan guru yang unggul dibidangnya
  4. Berlatih dan berusaha menjadi guru yang baik dimasa depan nanti
  5. Mempelajari kemampuan dalam mengajar.

 

 

BAB II

                                        PEMBAHASAN

 

A.Pengertian Mengenai Guru Masa Depan :

Pengertian mengenai guru masa depan ialah guru yang memiliki kecerdasan intelektual, kemampuan spiritual serta keterampilan yang dapat menciptakan metode pembelajaran dan gaya belajar yang baik dan optimal, guru masa depan harus mengerti perkembangan kemajuan zaman dan wawasan pengetahuan yang sangat luas, berpikiran maju dan tidak pernah berhenti untuk belajar dan mengupdate setiap ilmu pengetahuan. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru masa depan bahwa guru masa depan harus memiliki kecerdasan emosional, memiliki kemampuan profesional didunia bidang pendidikan, tidak mungkin seorang guru dapat mengajar jika tidak adanya kemampuan profesional. Selain kecerdasan emosional dan kemampuan profesional, maka guru masa depan diharapkan mampu memiliki akhlak budi pekerti yang baik sehingga menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Guru masa depan itu haruslah mampu merencanakan kegiatan pembelajaran, memberikan dan menyampaikan isi materi dengan baik, mengembangkan konsep metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didiknya, berpikir secara kritis, dan kemudian memiliki kepekaan terhadap peserta didiknya.

Maka oleh sebab itu seharusnya seorang guru tidak boleh hanya memberikan teori dan teori saja, harus adanya sikap kreatif dalam diri seorang guru namun tidak hanya kreatif akan tetapi juga harus menguasai dasar – dasar keterampilan dalam mengajar. Membuat dan memahami sumber kurikulum, kemudian selalu mengaakan penelitian – penelitian yang bertujuan untuk menemukan sesuatu hal yang baru yang belum pernah diketahuinya. Dari hasil penelitiannya tersebut dapat dijadikan sebagai ilmu yang bermanfaat, yang dapat terus dikembangkan untuk kedepannya. Menjadi seorang guru masa depan  menurut saya memang tidaklah mudah, semua butuh proses untuk menjadi sukses termasuk menjadi guru masa depan. Hal yang paling utama harus dilakukan bagi seorang guru masa depan adalah, harus selalu melangkah lebih maju dan lebih berpikiran maju lagi, tidak hanya sekedar untuk menerima hasil nya tapi bagaimana agar menemukan metode pembelajaran dan gaya belajar yang mampu membuat peserta didik termotivasi untuk selalu belajar. Akan tetapi tidak hanya itu perlu adanya kepekaan seorang guru terhadap peserta didiknya, agar mengerti melalui metode pembelajaran dan materi yang disampaikan apakah siswa sudah dapat mengerti dan memahaminya. Jika siswa belum dapat mengerti dan memahaminya ini akan menjadi sesuatu hal yang tidak baik bagi seorang guru, jika guru tidak segera menjelaskan kembali apa yang  diajarkan dalam materi tersebut, maka seterusnya peserta didik tersebut tidak akan paham apa yang dipelajarinya. Dalam hal tersebut memang sangat penting sekali seorang guru memiliki kepekaan, seperti halnya kasus diatas jika guru tidak peka bahwa peserta didik tidak mengerti, itu akan membawa dampak negative bagi peserta didik dan gurunya tersebut. Gurumasa depan  harus pula memiliki sifat komunikatif yang efektif, menurut saya dalam hal ini guru harus pandai berbicara depan umum, berarti dalam hal ini guru haruslah menguasai public speaking. Guru haruslah menguasai public speaking karena dia diberikan tanggung jawab untuk berkomunikasi depan semua peserta didiknya yang berasal dari latar belakang,karakter, keluarga yang berbeda – beda. Seorang guru harus mampu menjadi pusat perhatian dalam kelas setiap harinya, dengan menggunakan bahasa yang baik dan metode pembelajaran yang menarik peserta didiknya untuk fokus hanya belajar saja tanpa membagikan perhatiannya pada teman – temannya maka guru harus mampu terampil komunikatif.

 

Selain hal tersebut maka guru harus mampu memiliki sosial seorang guru masadepan menurut saya, harus pandai bersosialisasi dengan para guru lainnya. Seperti hal nya saling bertukar pikiran dan pandangan dalam masalah pengajaran dan pembelajaran, dapat pula mengikuti kegiatan komunitas pendidikan dan bertukar pendapat dengan guru guru pendidikan yang tergabung dalam komunitas tersebut, kemudian memiliki sifat saling tolong menolong, dan lain – lain. Seorang guru masa depan harus berbaur dan terlibat dalam ruang lingkup masyarakat, maksudnya adalah memberikan pengertian tentang pentingnya pendidikan, pelatihan membaca, pelatihan kursus – kursus pada masyarakat yang terkait dengan ilmu pendidikan, dan mengikuti perkembangan zaman dalam budaya masyarakat. Maksud dari mengikuti perkembangan zaman dalam budaya masyarakat adalah, memperhatikan tingkah laku dan pola kehidupan masyarakat yang semakin berkembang dan maju namun harus diperhatikan dari segi positif dan negative nya. Positif jika memberikan dampak yang baik bagi para peserta didik, namun jika ada negative nya maka guru harus menasihati peserta didik agar kemudian dibimbing untuk tidak perlu mencontohkan yang negative dari pola kehidupan dan kebudayaan masyarakat yang terus berkembang.

 

B.Jadilah Guru Masa Depan Di Era Globalisasi

Saat ini banyak sekali perkembangan – perkembangan kemajuan yang begitu pesat yang terjadi pada masa kini, kemajuan tekhnologi yang semakin canggih dan moderen membuat kita sebagai guru harus mengikuti perkembangan dunia pendidikan dalam dunia era globalisasi saat ini. Mengapa demikian? Karena globalisasi menjadi dampak nomor 1bagi perubahan budaya, pikiran maupun sikap. Dengan adanya perubahan struktur sosial dimasyarakat maka akan memicu terjadinya pula perubahan pendidikan dalam era globalisasi, hal tersebut tak dapat lagi dihindari karena globalisasi membutuhkan adanya kemajuan dalam berbagai hal tanpa mengenal batas –batas tertentu. Namun demikian hal ini dapat  menimbulkan tantangan  dalam dunia pendidikan di era globalisasi, terutama bagi seorang pendidik karena pendidik harus menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, berkualitas , dan menghasilkan siswa – siswi yang mampu lulus dengan siap untuk memiliki keterampilan dan potensi untuk menghadapi permasalahan persaingan globalisasi dimasa depannya nanti.

Bahkan seorang guru ataupun pendidik akan ditantang harus mampu meningkatkan kualitas mengajarnya lebih baik lagi, dan mengerti tentang dampak positif dan negative globalisasi  bagi peserta didik. Hal ini disebabkan karena globalisasi akan terjadi adanya perubahan budaya, kita sebagai seorang guru masa depan harus mengetahui negative dan positif nya perubahan budaya tersebut. Guru harus mampu mengajarkan kepada peserta didik apa saja yang menjadi hal positif dan negative globalisasi terhadap kehidupan masyarakat terutama kehidupan sehari – hari peserta didik, agar peserta didik tidak terbawa arus globalisasi yang negative.

Perubahan Struktur  budaya dimasyarakat dapat mempengaruhi pemikiran peserta didik, apakah dalam bentuk negative dan positif,kita sebagai seorang guru harus mampu mendidik,membimbing, menuntun peserta didik kearah globalisasi  yang positif dan menjauhi yang negative . seorang guru di era globalisasi juga harus pula mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan seiring dengan perubahan zaman di era globalisasi dan mengupdate pengetahuan terbaru. Tidak menutup kemungkinan guru masa depan di era globalisasi, harus mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai di era globalisasi nanti. Berikut ini adalah peran yang harus dilakukan menjadi guru yang berhasil mendidik di era globalisasi :

  1. Kemampuan mengatasi : merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang guru untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya masalah yang tidak diinginkan dalam proses pemebalajaran. Dengan guru mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses belajar mengajar.
  2. Guru harus mampu mengenali dan mengatasi masalah : seorang guru harus mengenali dan mengatasi masalah yang terjadi antara dirinya dengan peserta didiknya, dalam hal ini bisa saja menyangkut nilai akademiknya maupun non akademik. Dalam hal ini seorang guru harus menemukan solusinya, melakukan pendekatan dengan peserta didiknya dan melakukan solusinya.
  3. Kemampuan mengakomodasi : seorang guru harus mengakomodasi kebutuhan apa yang dibutuhkan siswanya, hal ini terkait dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti menyediakan alat tulis, buku, meja, kursi, spidol papan tulis dan lain – lain.
  4. Guru melakukan reorientasi : guru harus merencanakan acuan – acuan kompetensi yang harus dicapai peserta didik, dengen melakukan kembali pengulangan materi dan wawasan agar tercapai motivasi bagi dirinya untuk mencapai tujuan tersebut.
  5. Guru melakukan kompetensi generic : didalam kemampuan generic ada kemampuan kognitif, kemampuan inti, essensial, dan kemampuan dasar.dalam hal ini kemampuan generic pada peserta didik adalah, diskusi, kerja kelompok, ketrampilan belajar,kerja kelompok, menguasai tekhnologi, memanagemen diri, merencanakan dan mengorganisasi.
  6. Keterampilan mengatur diri : seorang guru professional harus mampu mengatur dirinya sendiri, mengatur semua urusan pribadinya, mengatur, kegiatan sehari – harinya, mengembangkan kehidupan pribadi menjadi lebih baik.
  7. Keterampilan komunikasi : sebuah keterampilan utama yang harus dimiliki seorang guru adalah komunikasi, berbicara dengan peserta didiknya dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti menjadi modal utama dalam berhasilnya seorang guru masa depan mengajar.
  8. Kemampuan mobilisasi pengembangan dan perubahan : dalam hal ini guru harus menjadi kreatif dalam mengajar, strategi kreatif, metode – metode mengajar kreatif, cara – cara baru dalam mengajar seperti ide baru dalam mengajar, adanya konsep – konsep kreatif yang baru dalam dunia pendidikan, menghasilkan mutu kualitas pendidikan.

C.7 Keberhasilan Menjadi Guru Masa Depan :

  1. Menjadi Pembelajar Sejati : Dalam hal ini guru tidak menajdikan siswa sebagai objek pembelajaran, namun menjadikan siswa sebagai objektif. Dalam hal ini guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif, aktif, dan efektif, kemudian menciptakan gaya mengajar yang mengasyikkan untuk dikembangkan gaya belajar tersebut dikelas. Karena seorang guru seharusnya tidak hanya terpaku dalam teori belajar yang monoton, guru harus kreatif dengan menciptakan suasana belajar yang berbeda yang mampu menarik siswa untuk asyik belajar.
  2. Menjadi sales konten materi pelajaran : Dalam hal ini guru harus menjelaskan kepada setiap peserta didik untuk apa mereka sekolah, tujuan dan manfaat mereka sekolah untuk apa, mengapa mereka sebagai manusia harus mencari ilmu pengetahuan dan belajar dan mempelajari konten materi pembelajaran dan mengerti dunia anak.
  3. Menggunakan berbagao metode gaya mengajar : seorang guru harus mampu metode gaya belajar apa yang tepat untuk peserta didiknya,sesuai dengan kegiatan belajar mengajar yang diperlukan. Karena tidak semua metode gaya mengajar tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya, dan diterapkan dalam upaya menkaji dan memperbaiki kualitas pembelajaran dikelas.
  4. Membangun relasi dengan orangtua siswa : dalam hal ini seorang guru harus mampu berkerja sama dengan orangtua siswa, agar menyelesaikan permasalahan anaknya disekolah maupun dirumah terutama dalam mata pelajaran. Kemudian guru dengan orangtua harus mencarikan solusi yang tepat, dan sama sama berkerja sama dengan orangtua untuk mendidik peserta didik.
  5. Rajin mengikuti kegiatan in service training : semua guru wajib memiliki sikap mau belajar, dalam hal ini harus meningkatkan kompetensi dirinya dan keahlian dalam dunia pendidikan. Meningkatkan kemampuan komunikasi bagi seorang guru, meningkatkan profesionalisme guru, sering mengikuti training atau pelatihan – pelatihan seperti meningkatkan teaching skill dan lain – lain.
  6. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas :

Penelitian tindakan kelas adalah analisis tugas mengajar kita dikelas intinya PTK adalah untuk menyelesaikan berbagai masalah guru dalam mengajar dan belajar serta menyelesaikan masalah KBM yang efektif didalam kelas. Dalam hal ini mengubah pribadi peserta didik, proses pembelajaran, yang berdampak pada perubahan perilaku diri sendiri dan siswa dalam belajar.

Ini merupakan tanggung jawab guru terhadap tugasnya sebagai guru. Untuk evaluasi mengajar, data – data dan fakta dari kegiatan PTK dijadikan guru untuk sebagai bahan menulis dimedia massa maupun sharing di komunitas guru yang lebih besar.

7.menginspirasi siswa dengan metafora : metafora yaitu memaparkan cerita tentang hakikat kesuksesan , perumpamaan mengenai bentuk kehidupan yang notabene siswa hadapi nanti, simulasi, ataupun kisah berbagai orang sukses dalam hidupnya.

 

D.Jadilah Guru Inspirasi Di Masa Depan :

Seorang guru haruslah mampu menjadi inspirasi bagi setiap siswanya mengapa demikian? Karena justeru guru adalah teladan yang baik bagi siswanya maka guru yang baik akan menjadi inspirasi bagi siswanya menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Guru inspirasi adalah guru yang mampu menciptakan karya dari hasil kerja kerasnya sendiri, bukan mengikuti hasil kerja keras guru lain atau orang lain. Dengan keterampilan mengajarnya sendiri, dengan gaya mengajarnya yang khas, membangun semangat dan motivasi bagi peserta didik maka akan mewujudkan motivasi dan inspirasi yang kuat dari peserta didik.  Guru inspiratif adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan. Guru adalah sebuah profesi yang mulia, oleh sebab itu maka dalam dunia bidang pendidikan dibutuhkan guru inspiratif yang dapat menginspirasi semua orang.

 

E.Menjadi Guru Inovatif :

Guru dituntut menjadi guru innovator karena guru pada dasarnya untuk memiliki kemampuan meningkatkan mutu kualitas pendidikan, melalui inovasi pembelajaran. Guru sebagai innovator pembelajaran harus matu tidak mau mengembangkan kualitas pendidikan dengan selalu membuat inovasi – inovasi yang baru dan kemudian mengembangkan inovasi – inovasi tersebut sebagai sebuah karya untuk menghasilkan pendidikan yang lebih baik dan lebih maju lagi. Seorang guru dapat dikatakan jauh berkembang jika mampu melahirkan banyak ide – ide inovatif, yang mampu mengembangkan pemikiran, keterampilan, profesionalisme guru, dan memotivasi siswa untuk pula membuat karya inovasi mereka sendiri. Menciptakan gaya model belajar yang baru dan unik, itu juga adalah sebuah inovasi yang bermanfaat bagi orang lain.

 

F.Menjadi Guru Kreatif :

Menjadi guru kreatif masih berhubungan dengan guru inovatif, dimana seorang guru harus mampu kreatif setelah lahirnya ide – ide inovatif tersebut. Contoh seorang guru yang telah merencanakan karya inovatif seharusnya diimbangi dengan kreatifitas, agar rencana inovatif tersebut tidak hanya sebatas menjadi rencana namun menjadi karya yang bagus. Guru dituntut memberikan pelajaran yang kreatif yang mampu mengasah kreatifitas peserta didiknya, dengan demikian peserta didik mampu memiliki jiwa perkembangan yang kreatif.

Menjadi guru yang kreatif adalah sebuah  keharusan agar para peserta didik tidak merasa bosan dalam suasana belajar mengajar, dengan menemukan hal – hal yang baru dan kreatif maka dapat mampu mengembangkan dan mengasah kemampuan guru dan para peserta didik.

 

Saat ini para peserta didik hanya mengandalkan internet untuk berkreatifitas dalam mengerjakan tugas, mereka ragu – ragu atau bahkan jarang untuk menggunakan dan memanfaatkan buku sebagai wadah untuk mereka berkreatifitas dalam mengerjakan tugasnya.

 

Untuk mengatasi masalah ini maka solusi yang tepat adalah, bagaimana guru tersebut menjadi guru yang kreatif namun tidak harus memanfaatkan internet sebagai wadah utama untuk mencari hal – hal yang kreatif. Misalnya, seorang peserta didik diberikan tugas kelompok untuk bernyanyi didepan kelas namun dengan kreatif tidak hanya sekedar bernyanyi.

 

Dengan demikian dalam hal ini guru  mampu menilai kreatifitas peserta didiknya, guru juga dapat membuat hiasan – hiasan cantik dikelas ditempelkan di dinding kelas agar kelas sangat menarik dan indah untuk dilihat.

 

G.Menjadi Guru Yang Mandiri :

Menjadi guru yang mandiri adalah pribadi yang harus ada pada diri seorang guru, jadilah guru yang tidak bergantung pada orang lain namun mampu percaya diri untuk menyelesaikan tugasnya sebagai seorang guru dengan mandiri. Dalam hal ini seorang guru selayaknya tidaklah bergantung pada orang lain, tidak bergantung pada internet, namun lebih mengandalkan kemampuan diri sendiri.

 

Ketika seorang guru mampu menjadi guru yang mandiri maka guru mampu untuk mengatasi semua persoalan dan permasalahan dalam mengajar dengan mandiri, tanpa harus menyusahkan guru lain untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Akan tetapi, bukan terlalu guru tersebut harus telalu mandiri sehingga bersikap egois bagaimanapun guru juga butuh orang lain untuk membantu pekerjaannya, namun hal itu tidak setiap saat dilakukan.

 

          H.Menjadi Guru Yang Smart :

Dalam perkembangan zaman saat ini dan juga untuk perkembangan zaman dimasa depan     seorang guru harus memiliki kecerdasan dalam mengajar, seorang guru tidaklah boleh tidak tau bagaimana mengajarkan sebuah materi. Jika hal tersebut terjadi maka guru tersebut tidak dapat dikatakan bisa untuk mengajar, guru harus memahami dan mengerti menyampaikan materi dengan cerdas, dengan smart dan harus mampu mengembangkan isi materi dengan smart. Smart artinya adalah seseorang yang memiliki kecerdasan dan kepintaran, berarti seorang guru juga harus pintar dalam menyampaikan materi yang diajarkan  kepada para peserta didiknya.

Karena untuk mengajarkan ilmu yang bermanfaat maka sudah seharusnya seorang guru tidaklah sembarangan untuk menjadi seorang guru, untuk mengajarkan ilmu yang bermaanfaat maka guru harus lebih cerdas dan lebih pintar dari peserta didiknya. Apalagi jika menghadapi pemikiran peserta didik yang bertanya dengan cukup kritis, maka seorang guru harus dituntut lebih cerdas dan pintar untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan peserta didiknya tersebut.

I.Menjadi Guru  Milenial :

Dengan kemajuan tekhnologi sekarang ini kita dapat melihat bahwa generasi muda indonesia lebih menyukai dunia internet, seperti youtube, instagram, facebook dan lain – lain. Namun sayang sekali hal tersebut seringkali disalah gunakan,  maka kita harus menjadi seorang guru milenial. Manfaatkanlah jaringan media sosial sebagai bahan pembelajaran yang bermanfaat dan menyenangkan bagi peserta didik, kita dapat melihat ada banyak sekali guru – guru yang memanfaatkan media sosial sebagai ruang kelas belajar online.

Kita dapat menjadi guru milenial dengan membuat video mengajar di youtube, peserta didik kemudian melihat video mengajar kita buatlah video mengajar semenarik mungkin sehingga siswa tertarik untuk belajar. Kita dapat juga membuat ruang kelas belajar online, dengan terhubung dengan internet maka kita dapat memanfaatkan internet dengan membuat ruang kelas belajar online.

J.Menjadi Guru Yang Hebat :

Seorang guru memang harus menjadi sosok yang hebat walaupun guru adalah manusia biasa penuh dengan kekurangan, guru harus mampu hebat dalam berbagai tindakan. Hebat dalam arti guru harus selalu mendorong semangat peserta didiknya agar semangatnya tetap menyala, membimbing peserta didiknya, mengarahkan peserta didiknya , mengajarkan peserta didiknya tentang berbagai hal dalam ilmu pengetahuan.

Guru yang hebat adalah guru yang tidak akan meninggalkan peserta didiknya dalam kesalahan, dalam keburukan, dalam kegelapan. Guru harus menjadi cahaya bagi peserta didiknya, guru harus mampu menuntun dan menasihati peserta didiknya, guru harus mampu menjadi contoh yang baik bagi peserta didiknya,

  1. Menjadi Guru Yang Profesional :

Menjadi guru yang profesional sangat dibutuhkan untuk saat ini, mengapa demikian? Karena untuk saat ini guru harus profesional dibidang pendidikannya masing – masing. PGSD harus profesional di bidang jurusan Guru SD, Pendidikan Matematika harus Profesional di bidang Guru Matematika, begitupula dengan Pendidikan Bahasa Inggris harus sesuai dengan Bidang Guru Bahasa Inggris, dan juga lain – lain. Dalam hal ini guru harus menguasai bidang kompetensi untuk menjadi seorang guru, bekerja dengan profesional itu yang diutamakan. Guru harus mengesampingkan masalah pribadinya ketika sudah mengajar, agar peserta didik tidak mengetahui bahwa gurunya sedang menghadapi masalah.

Tetap tersenyum dengan tulus, mengajar dengan ikhlas, tetap terlihat bahagia dan baik didepan peserta didik walaupun sedang mengalami perasaan sedih,marah, stres dengan masalah pribadinya guru wajib tenang dihadapan siswanya. Berpenampilan dengan rapih,baik,sopan, serta disiplin dalam tugasnya untuk mengajar.itu semua adalah merupakan bagian dari profesionalisme seorang guru, bekerjasama dengan orangtua peserta didik, membangun hubungan komunikasi dengan orangtua peserta didik.  Harus mampu menilai seluruh kemampuan peserta didik, membuat laporan penilaian dan lain – lain itu juga adalah bagian dari profesionalisme dalam tugasnya sebagai guru.

L.Merencanakan Gaya Belajar Yang Cocok Untuk Peserta Didik :

Seorang guru yang cerdas harus mampu menciptakan gaya belajar yang cocok untuk peserta didik, tidak semua peserta didik menyukai gaya belajar yang sama. Akan tetapi seorang guru yang cerdas harus mampu menciptakan gaya belajar yang disukai oleh siswa satu kelas tersebut, kemudian pahamilah setiap karakter pribadi peserta didik  dengan memahami setiap karakter pribadi peserta didik maka guru harus menemukan gaya belajar yang sesuai dengan semua karakter pribadi peserta didik. Gaya belajar tersebut haruslah menyenangkan, tidak membosankan, tidak cenderung kaku, tidak cenderung monoton.

Ciptakanlah suasana belajar dengan gaya belajar yang mampu mengembangkan semua yang ada pada diri peserta didik, seperti mengembangkan kecerdasan IQnya, kemampuan gerak motoriknya, kemampuan perasaannya terhadap lingkungan sekitar dan lain – lain. Dengan gaya belajar yang cocok maka seorang guru akan mencoba mengembangkan gaya belajar tersebut, guru harus mempelajari gaya belajar yang sudah dijelaskan oleh para peneliti dan ilmuwan.dan dapat  mengikuti gaya belajar yang sudah dijelaskan dan dicontohkan para peneliti dan ilmuwan, walaupun demikian juga guru harus mampu menciptakan dan mengembangkan gaya belajar yang memiliki ciri khas dan keunikkannya sendiri namun disukai oleh semua peserta didik.

M.Guru Yang Memiliki Atitude dan Penampilan yang baik :

Seorang guru harus memiliki attitude yang baik attitude adalah pribadi yang baik, pribadi yang santun, lemah lembut, penuh cinta dan kasih sayang. Karena seorang guru adalah pengganti orangtua mereka disekolah, seorang guru wanita harus memiliki jiwa keibuan untuk para peserta didik mereka, dan seorang guru pria harus memiliki jiwa kebapakan untuk peserta didiknya. Harus memiliki jiwa karismatik,bijaksana, mengerti tata karma, norma dan kepribadian yang baik yang dapat disenangi oleh para peserta didiknya.  Serta harus selalu penyabar dan penyayang, karena guru diwajibkan sabar dengan semua pribadi seluruh peserta didiknya yang bermacam –macam tingkah lakunya.seperti ada yang hiperaktif,aktif,pendiam,pemalu,cerewet, dan lain – lain oleh sebab itu guru harus sabar dengan tingkah laku mereka yang terkadang dapat membuat kita menjadi agak jengkel. Akan tetapi itulah seorang guru bersabar dan mencoba untuk meluruskan dan menasihati tingkah laku peserta didiknya. guru tidak boleh untuk marah dalam mengajar akan tetapi guru harus mengajar dengan hati, penuh cinta, penuh kasih sayang, melarang hal – hal negatif yang dilakukan peserta didiknya dengan nasihat yang baik dan santun. Seorang guru juga tidak boleh main tangan untuk menghukum peserta didiknya jika berbuat salah, guru harus menahan rasa emosinya cobalah untuk berpikir positif dan temukan solusi untuk mengatasi kesalahan siswanya dengan hukumman yang ringan namun memberikan efek jera untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

N.Bergabunglah Dengan Komunitas Para Guru :

Seorang guru tentu ingin menambah pengetahuan dan wawasan yang luas tentunya,menambah pertemanan dengan sesama guru, ingin saling berbagi saran dan ilmu yang bermanfaat dengan rekan sesama guru kemudian ingin sama sama memajukan pendidikan di indonesia. Maka kita sebagai seorang guru tentu tidak lepas dari ruang lingkup pergaulan sosial, maka seorang guru yang bercita – cita ingin memperbaiki dan memajukan pendidikan di indonesia mampu untuk menciptakan ruang lingkup sosial sesama guru untuk berdiskusi, bekerjasama, menshare ilmu pengetahuan dan lain – lain dengan mendirikan komunitas pendidikan ataupun bergabung dengan komunitas mengajar yang diikuti oleh para guru yang sudah ahli dibidang pendidikan. Kita dapat belajar dari pengalaman mereka, merekapun dapat belajar dari kita, dapat saling bertukar pandangan, membuka forum diskusi atau seminar mengenai pendidikan di indonesia.

Dapat mengajar didaerah terpencil untuk mengetahui masalah pendidikan lebih mendalam lagi, memberikan solusi yang tepat dengan praktik langsung didaerah – daerah terpencil yang minim atau yang budayanya belum tersentuh dunia pendidikan. Mengadakan pengajaran gratis untuk orangtua yang masih buta huruf dan buta angka, serta melakukan penyuluhan – penyuluhan disetiap tempat untuk memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa begitu sangat pentingnya pendidikan bagi anak – anak penerus generasi masa depan bangsa.

 

 

BAB III

PENUTUP

A.Kesimpulan :

Kesimpulan dalam makalah artikel berjudul “ Akulah Guru Masa Depan Itu “ adalah bahwa setiap calon guru harus memiliki cita – cita bagaimana caranya untuk menjadi seorang guru yang sukses dan berhasil dimasa depan, dengan keterampilan – keterampilan yang terus berkembang dan perencanaan yang matang untuk menjadi guru dimasa depan.

Dengan mengembangkan metode – metode  dan hal – hal yang baru dalam mengajar, maka akan meningkatkan kemampuan setiap para calon guru untuk mengajar dan sukses nantinya di masa depan nanti.

B.Saran :

  1. Agar setiap para calon guru memahami tentang tugas mereka sebagai seorang guru
  2. Dosen membimbing mahasiswa lebih baik lagi.
  3. Diperlukan adanya kegiatan praktik mengajar menjadi seorang guru
  4. Adanya pelatihan menjadi seorang guru.
  5. Mengembangkan kompetensi mahasiswa calon guru lebih baik lagi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://sman7malang.wordpress.com/guru-masa-depan/

https://www.kompasiana.com/altip/5af0fe62f1334452783c9a05/guru-masa-depan

http://ediprasetyo.gurusiana.id/article/guru-tanpa-masa-depan-4086540

https://sumbar.antaranews.com/berita/134647/guru-masa-kini-dan-cerminan-pemimpin-masa-depan

https://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/19/21333811/Guru.Masa.Depan.Disiapkan

https://blog.igi.or.id/menjadi-guru-masa-depan.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar